KOMPOSISI TARI


KOMPOSISI TARI
Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa komposisi identik dengan lantai atau posisi penari di atas pentas. Namun ada pula yang mengatakan bahwa komposisi tari adalah segala sesuatu yang menimbulkan sebuah karya tari itu tercipta yang di dalamnya terdapat pula apa yang disebut dengan pola lantai.
Pada uraian selanjutnya, akan mengupas hal-hal yang berhubungan dengan
komposisi tari.
Karena tari sebagai bentuk seni, maka perlu kiranya anda mengetahui tentang pengetahuan komposisi tari yang juga lazim disebut dengan pengetahuan koreografi. Pengetahuan ini harus diketahui, dipahami dan dipraktikkanoleh seorang koreografer atau penata tari atau orang yang menciptakan tarian. Pengetahuan ini haruslah dipahami dan dijalankan terutama bagi penata tari yang masih pemula untuk menghasilkan suatu yang harus anda ketahui, yaitu antara lain Gerak tari sebagai momen/unsur pokoknya, musik/ iringan, tema, tata busana, tata rias, tempat, pentas, tata lampu.
1. Gerak Tari
Anda telah mengetahui bahwa elemen dasar tari adalah gerak. Halini telah
diuraikan dan dijelaskan pada modul yang terdahulu.
Gerak di dalam tari bukanlah gerak yang indah. Yang dimaksudkan degan gerak yang indah adalah gerak yang telah diberi sentuhan seni. Gerak-gerak keseharian yang telah diberi sentuhan seni akan menghasilkan gerak yang indah. Misalnya gerak berjalan, larim mencangkul, menimba air di sumur, memotong kayu dan sebagainya, jika diberi sentuhan emosional yang mengandung nilai seni, maka gerak-gerak keseharian tersebut akan tampak lain.
Berdasarkan bentuk geraknya, secara garis besar ada dua jenis tari, yaitu tari yang representasional, dan tariyang non representasional. Tari yang representasional adalah tari yang menggambarkan sesuatu secara jelas. Sedangkan tari yang non representasional adalah tari yang tidak menggambarkan sesuatu (lihat gambar dibawah ini)
Tari BondanTari Represnetational, Tari Bondan dari Jawa Tengah
Baik tari representational maupun non representational garapan geraknya
terkandung dua jenis gerak, yaitu gerak maknawi dan gerak-gerak murni.Yang
dimaksud dengan gerak maknawi ialah gerak yang mengandung arti jelas. Misalnya
gerak ulap-ulap pada tari Jawa menggambarkan sedang melihat gerak menempel telapak tangan didada bisa mengandung arti sedih, gerak menirukan bertani, berbedak, bertepuk tangan dan sebagainya. Sudah barang tentu gerak-gerak maknawi tersebut telah mengalami stilisasi atau distorsi, yaitu gerak tersebut telah mengalami perubahan untuk dijadikan gerak tari.
Adapun gerak murni ialah gerak yang digarap untuk mendapatkan bentuk yang artistik dan tidak dimaksudkan untuk menggambarkan sesuatu. Gerak-gerak murni ini banyak digunakan dalam garapan-garapan tari yang nonrepresentasional. Sedangkan garapan-garapan tari yang representasional banyak memerlukan gerak-gerak maknawi. Namun demikian, dalam garapan tari representasional diperlukan pula gerak-gerak murni, karena apabila garapan tersebut dipenuhi oleh gerak-gerak maknawi akan lebih mengarah ke bentuk pantonim.
Tari nonrepresentational


a. Gerak menaburkan benih dari Tari Rampatin sebuah tari garapan baru dari
Kalimantan
b. Tari Sulintang dari Sunda
c. Ulap-ulap dari Jawa
Contoh gerak murni
a. Gerakan-gerakan pada tari Jaipongan dari Jawa Barat
b. Gerakan-gerakan pada tari Srimpi/ Bedaya dari Jawa Tengah
Didepan telah dikemukakan bahwa gerak di dalam tari berbeda dengan gerak sehari-hari. Gerak taru telah melalui perubahan atau dipindahkan dari gerak yang wantah diubah bentuknya menjadi gerak tari. Gerak tari tidaklepas dari unsur tenaga, ruang dan waktu.
Tenaga
Setiap kita melakukan gerak, pasti akan memerlukan tenaga. Tanpa tenaga, tidak mungkin dapat dihasilkan gerak yang baik, karena tenaga merupakan kekuatan yang akan mengawali, mengendalikan dan menghentikan gerak. Untuk lebih jelasnya sebagai contoh, misalnya jika anda menggerakkan tangan ke depan dan ke belakang dalam menari massal, agar gerakannya kelihatan seragam maka tenaga yang digunakan harus seragam pula, yaitu agar ayunan bisa sama.
Penggunaan tenaga didalam gerak tari berbeda dengan penggunaan tenaga dalam kebutuhan lain. Untuk itu harus memahami cara penggunaannya, karena penggunaan tenaga dengan baik akan memberi efek dinamika dalam sebuah tarian.
Unsur tenaga di dalam tari menggambarkan suatu usaha yang menentukan
memberikan watak pada gerak.
Ruang
Diatas telah dikemukakan bahwa ruang adalah salah satu unsur pokok yang menentukan terwujudnya suatu gerak. Mustahil jika suatu gerak lahir tanpa adanya ruang, karena setiap gerak yang dibuatnya memiliki disain ruangan dan berhubungan dengan benda-benda lain dalam dimensi ruang dan waktu. Dengan demikian, penari semata-mata dapat bergerak atau menari karena adanya ruang. Ruang di dalam tari dapat dibedakan dariruang yang diciptakan oleh penari dan ruang pentas atau tempat penari melakukan gerak.
a.   Ruang yang diciptakan penari adalah ruang yang langsung berhubungan dengan penari, yanbatas imajinasinya adalah batas yang paling jauh yang dapat dijangkau oleh tangan dan kaki penari dalam keadaan tidak pindah tempat. Misalnya jika anda bergerak menirukan burung terbang dengan menggunakan kedua tangan ke atas dan kebawah, sejauh jangkauan ayunan tangan itulah yang dimaksud dengan ruang yang diciptakan oleh penari.
b. Ruang pentas atau tempat penari melakukan gerak adalah wujud ruang secara
nyata, merupakan arena yang dilalui penari saat melakukan gerak.misalnya
Panggung, halaman terbuka lapangan dan lain – lain. Pokok permasalahan yang terkandung dalam ruang, baik itu berupa ruang yang diciptakan oleh penari maupun ruang tempat menari, meliputi : Garis, volume, arah, level dan fokus. Untuk lebih jelasnya dapat diuraikan sebagai berikut:

a) Garis, yaitu kesan yang ditimbulkan setelah menggerakkan tubuh sedemikian rupa dengan membentuk garis tubuh diluar garis tubuh yang alami. Garis – garis ini menimbulkan kesan yang tidak berbeda dengan garis – garis dalam seni rupa. Misalnya garis tubuhyang melengkung menimbulkan kesan manis. Garis diagonal atau zig – zag menimbulkan kesan dinamis. Garis tegak lurus memberi kesan tenang dan seimbang. Garis datar memberi kesan istirahat dan sebagainya.
b) Volume, yaitu jangkauan gerak yang tergantung dari besar kecilnya ruangan yang digunakan seoerang penari. Misalnya, langkah ke depan dapat dilakukan dengan langkah pendek, langkah biasa dan langkah lebar. Gerakan ini sama tetapi dilakukan dengan ukuran yang berbeda. Dengan kata lain gerakan kecil bisa dikembangkan dan gerakan besar daoat dikecilkan volumenya.
c) Arah,yaitu arah hadap penari ketika melakukan gerak. Arah itu bisa ke
depan, ke belakang, kesamping dan ke arah lainnya.
d) Level, berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan. Ketinggian maksimal dicapai penari adalah pada saat melompat ke udara dan ketinggian minimal dicapai ketika rebah dilantai.
e) Fokus, yaitu sudut pandang suatu perspektid penonton dan yang diperlukan
dalam melakukan rangkaian gerak.
Waktu
Waktu adalah elemen yang membentuk gerak tari selain unsur tenaga ruang dan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dan lainnya, karena merupakan suatu struktur yang saling berhubungan perannya saja yang berbeda. Elemen waktu berkaitan dengan ritme tubuh dan ritme lingkungan. Gerak yang dilakukan dalam waktu sedang cepat maupun lambat akan memberikan daya hidup pada sebuah tarian. Unsur waktu sangat berkaitan dengan unsurirama yang meberi nafas sehingga tampak hidup.
Dalam unsur waktu ada dua faktor yang sangat penting yaitu tempo dan ritme. Tempo berarti kecepatan dari gerak tubuh kita, yang dapat dilihat dari perbedaan panjang pendeknya waktu yang diperlukan.
Sedangkan ritme dalam ferak tari menunjukkan ukuran waktu dari setiap perubahan detail gerak. Oleh sebab itu, ritme lebih mengarah ukuran cepat atau lambatnya setiap gerakan yang dapat diselesaikan oleh penari.
Gerakan yang dilakukan dalam tempo yang cepat dapat memberikan kesan aktif dan menggairahkan, sedangkan gerakan lambat akan berkesan tenang, agung, atau sebaliknya membosankan. Sebagai contoh, jika anda melihat suatu bentuk tarian anda akan melihat penari tersebut melakukan gerakan dengan tempo yang berbeda. Suatu saat gerakannya sangat lembut mengalun, saat berikutnya cepat dan menghentak. Jika suatu tarian gerakannya selalu dalam tempo yang lambat, penonton akan jenuh dan bosan. Sebaliknya jika selalu cepat akan memberikan kesan “melelahkan” dan membosankan pula.
Dari uraian mengenai gerak tari di atas dapat disimpulkan bahwa gerak dalam tari adalah gerak wantah yang telahdiubah menjadi gerak seni yang indah, yang gerakannya telah mengalami stitisersi ataupun distorsi dengan memperhatikan unsur tenaga, ruang dan waktu.
Desain Gerak dan Pola Lantai
Desain penataan arah gerak dalam tari dibagi menjadi dua pola yaitu :



1.       Pola Simetrik
Dalam pola simetrik akan memberikan kesan seimbang, tenang, dan bahkan statis. Penggunaan pola lantai simetrik tampak pada tari kelompok terutama jenis tari rakyat. Pada tarian ini terdapat garis-garis sejajar, garis-garis lengkung, dan lingkaran membentuk pola yang terkesan simetrik. Demikian juga dalam tari pergaulan di mana para penarinya berpasangan dalam suatu kelompok baik gerak maupun pola lantainya menunjuk pola simetrik.

Gambar Jayaprana dan Layonsari (Bali)
. Pola Asimetrik
Pada pola asimetrik pola arah gerak penari akan memberi kesan
ketidakseimbangan, tidak tenang, dan bahkan dinamis.
Gambar Contoh pola lantai simetrik dan pola lantai asimetrik :

a)      Desain Lantai
Yang dimaksud dengan desain lantai adalah garis-garis yang dilalui oleh seorang penari atau garis-garis di lantai yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara garis besar ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung.
Garis lurus dapat dibuat ke depan, ke belakang, ke samping, atau serong. Selain itu garis lurus dapat menjadi desain huruf V atau kebalikannya, segitiga, segiempat, huruf T, Y atau desin zig-zag, misalnya :
Garis lurus memberikan kesan sederhana tapi kuat. Garis lurus banyak digunakanpada tari tradisional baik klasik maupun kerakyatan, teritama dari Jawa Tengah. Garis lengkung dapat dibuat melengkung ke depan, ke belakang, ke samping dan serong. Dari lengkung ini dapat pula dibuat disain lengkung ular, lingkaran, angka tiga atau delapan juga bentuk spiral,

b)      Desain Atas
Desain atas adalah desain yang membentuk pola atas lantai (biasanya terbentuk oleh penari itu sendiri) dan terlihat oleh penonton. Ada 16 unsur dasar yang masing-masing dapat digabungkan/ dimodifikasi.

1) Datar
Postur tubuh penari yang dilihat oleh penonton (bukan yang dirasakan penari) hampir tanpa perspektif. Desain ini dapat berbentuk vertikal, horisontal, kontras (berlawanan), murni, statis, lengkung, tinggi, medium, rendah, lukisanm garis lanjutan, dan garis tertunda. Jika diberi putaran seperempat saja, akan menjadi ‘desain dalam’. Desain yang secara konstruktif dangkal ini justru memberikan kesan keterbukaan, kejujuran, dan ketenangan.

2) Dalam
Penonton melihat penari dengan perspektif yang dalam. Hampir semua unsur desain dibawah ini (dari vertikal sampai garis tertunda) lebih mudah digarap dengan desain dalam. Terutama, untuk desain lengkung, lukisan, dan tertunda. Desain ini lebih memberikan kedalaman emosi/ perasaan dari pada desain datar.

3) Vertikal
Penari membentuk garis ke atas dan kebawah. Desain dapat diterapkan pada semua unsur (kecuali horizontal). Ia memberi rasa menjangkau keatas dan/atau ke bawah (lihat desain tinggi dan desain rendah), egosentris,dan cocok untuk suasana menari diri dan pasrah.

4) Horizontal
Postur dengan anggota badan membentuk garis melintang. Desain ini dapat diterapkan pada semua unsur (kecuali vertikal) memberi rasa menjangkau keluar dan kesadaran terhadap lingkungan. Cocok untuk suasana ekspresif/ mencurahkan.

5) Kontras
Postur yang menggarap garis-garis bersilang pada lekukan-lekukan yang berlawanan dan mengandung suatu kontinuitas garis dalam oposisi. Merupakan garis- garis kontras yang bisa berupa berabgai unsur (kecuali murni) dan dapat memberikan sugesti kekuatan atau kebingungan. Jika digarap sebagai pengembangan desain murni yang mendahului, akan tercapai sugesti pengembangan intelektual dan emosional.

6) Murni
Postur tanpa garis-garis yang kontras. Garis-garis murni dapat mengubah setiap unsur yang ada (kecuali garis berlawanan) garis yang paling sederhana ini dapat memberikan sentuhan ketenangan.

7) Statis
Pose statis tapi bergerak. Garis statis dapat digunakan dalam semua desain, kecuali desain lukisan, garis lanjutan, dan tertunda. Garis ini memberi rasa teratur dan berisi. Kebanyakan tarian daerah timur digarap atas garis statis berupa seri dari pose-
pose yang mengalir yang disisipi garis lukisan dan kualitas dinamis. Tekanan dinamika
tersebut dapat mengibaskan kesan ambisi dan nafsu.

8) Lengkung
 Postur dengan badan atau anggota badan yang dilengkungkan. Garis lengkung (dalam semua unsur kecuali bersudut) dapat memberi kesan penonton dekat dengan penari atau perubahan dinamis dapat memberikan rasa egosentris.

9) Bersudut
Postur dengan badan atau anggota badan ditekuk membentuk sudut. Garis bersudut dapat digunakan dengan setiap unsur kecuali lengkung, spiral, garis lanjutan, dan tertunda. Garis ini dapat memberi sugesti penggunaan kekuatan secara sadar.

10) Spiral
Postur dengan badan dan anggotabadan berputar. Spiral merupakan seri lingkaran naik-turun yang tak dapat digunakan pada garis datar, kontras, atau bersudut. Penari yang berputar mengikuti alunan naik-turun dapat merasa dekat dengan penonton.

11) Tinggi
Menekankan ruang tari di bagian dada ke atas. Sesuai dengan sifatnya, aksen gera yang dibuat pada bagian ini dapat menghasilkan sentuhan intelektual dan spiritual. Tarian pemujaan sedikit menggunakan anggota badan bagian bawah, tapi efek dapat diatur atau dimanusiakan dengan memberikan tekanan gerak pada tubuh bagian atas ini.

12) Medium
Menekankan ruang tari antara bagian dada hingga pinggang. Aksen gerak
tubuh bagian tengah ini dapat menimbulkan sentuhan emosi dan motivasi.

13) Rendah
Menekankan ruang tari di bagian pinggang ke bawah. Aksen gerak pada tubuh
bagian bawah ini dapat memberikan gairah.
14) Terlukis
Garis atau bentuk di udara yang terlukis lebih berkesan daripada anggota
badan atau properti yang melukisnya.

15) Garis Lanjutan
Kesan garis yang terlukis di udara di luar jangkauan tubuh penari.

16) Garis Tertunda
Garis yang terlukis di udara oleh busana, rambut, atau properti, karena imbs
gerak diluar motorik tapi terkontrol oleh kesadaran penari.

17) Lurus
Desain ini adalah desain yang menggunakan garis-garis lurus pada anggota badan, seperti kaki, badan. Desain ini memberi kesan sederhana kokoh, tapi kalau terlalu banyak dipergunakan akan kurang menarik.

18) Simetris
Desain simetris adalah desain yang dibuat dengan menempelkan garis-garis anggota badan yang kanan dan kiri berlawanan arah. Desain ini memberikan kesan sederhana, kokoh, tenang.

19) Asimetris
Desain asimetris adalah desain yang dibuat dengan menempelkan garis-garis anggota badan yang kiri berlainan dengan yang kanan. Misalnya lengan kanan ke atas dan lengan kiri ke bawah. Desain ini memberikan kesan menarik dan dinamis.
Cobalah anda untuk mempelajari ke-19 desain diatas, dengan seksama, kemudian cobalah amati beberapa buah tari-tarian di Indonesia, menurut anda desain apa yang lebih dominan digunakan pada tari-tarian yang digunakan pada tarian tersebut.

No comments:

Post a Comment